• (021) 7560 539
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Dukung Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Tanah Air

 

Open Goverment Indonesia (OGI) sebagai bentuk keseriusan pemerintah Indonesia di dalam melakukan reformasi sektor publik secara menyeluruh. Pemerintah berupaya membuka pintu bagi seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dan berperan aktif di dalam menentukan prioritas penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga turut berperan aktif dalam mendorong penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Indonesia.

Kepala BPPT Hammam Riza di sela acara Indonesia OpenGov Leadership Forum 2019  menyampaikan beberapa hal terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 95 Tahun 2018, Jakarta (18/07).
“Ada enam Kementerian dan Lembaga yang terkait untuk mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, BPPT diberikan tugas melaksanakan audit teknologi untuk insfrastruktur SPBE dan juga aplikasi umum serta membangun knowledge management system yang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemampuan manusia didalam penerapan sistem elektronik di pemerintahan,” terang Hammam.

 

 


Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPPT diantaranya Sistem Perencanaan dan Penganggaran dan Laporan (SIMRAL). Sistem tersebut dikatakan Hammam akan menjadi aplikasi umum yang digunakan seluruh pemerintah pusat dan daerah.
 Menurutnya, ini merupakan sebuah aplikasi berbagi pakai yang diharapkan akan ada di dalam data center nasional yang berada di Puspiptek Serpong yakni di Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT dan juga sekaligus pengembangan aplikasi dan audit aplikasi umum serta insfrastruktur oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT. Ini sebagai langkah kita dalam rangka mengsukseskan sistem pemerintahan berbasis elektronik, ujar Hammam.
“Semoga ini akan menjadi tahapan dan langkah BPPT untuk mensosialisasikan semua inovasi teknologi yang dihasilkan dalam rangka melaksanakan Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 tentang SPBE” pungkasnya.


Statistik Pengunjung

Today38
Yesterday183
This week409
This month6490
Total324099

Kontak Kami

Gedung 230, Kawasan Puspiptek, Serpong,Tangerang Selatan
15314
(021) 7560 539
(021) 7560 538
sekr-bt2mp@bppt.go.id
bt2mp.bppt.go.id

© 2021 Design by Pusat Manajemen Informasi & Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi - BPPT