Print

Wamen ESDM Kunjungi BTH, Tertarik Hidrodinamika

 

Kepala BPPT, Hammam Riza menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Arcandra Tahar ke Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) BPPT, di Surabaya, Jawa Timur (02/08).

Pada kesempatan tersebut, Wamen ESDM didampingi Kepala Badan Litbang ESDM Dadan Kusdiana dan Kepala Lemigas Setyorini Tri Hutami. Kunjungan ini merupakan sebuah kesempatan bagi BPPT dalam mendorong inovasi dan layanan teknologi yang digunakan oleh masyarakat, industri maupun badan usaha dalam rangka mendapatkan seluruh jasa teknologi yang dimiliki. 

 


Kunjungan Wamen ESDM tersebut secara khusus mendorong peran BPPT yaitu perekayasaan, kliring teknologi, audit teknologi, intermediasi, alih teknologi, difusi dan komersialisasi.Arcandra memiliki keahlian di bidang hidrodinamika sehingga kesempatan BPPT beraudiensi mendapatkan masukan bagaimana BPPT menjalankan perannya dalam bidang hidrodinamika.
Wamen ESDM tersebut juga banyak menyampaikan kepada kita terkait visi, platform, pengujian-pengujian serta metode yang terus berkembang dan tentu saja memperkaya pengetahuan BPPT. "BPPT sebagai learning organization tidak akan pernah berhenti belajar terus menggunakan kemampuan kita. Bersamaan dengan itu kita harus mempersiapkan sumberdaya yang mumpuni di bidang hidrodinamika", terang Hammam.

 


Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe mengungkapkan BPPT siap mempererat kerjasama dengan Lemigas terkait sub surface. “Dari kunjungan ini kami mendapat masukan untuk memperkaya jenis layanan teknologi sehingga dapat meningkatkan daya saing nasional.” Kata Pandoe.
Sementara Arcandra menyebut saatnya mulai merubah paradigma dalam berinovasi, yang selama ini masih berkutat rasa keingintahuan peneliti dirubah menjadi inovasi yg mempunyai manfaat dan efesien bagi masyarakat.Di samping itu, lanjut, inovasi harus memikirkan proses bisnis sehingga dapat berkompetisi dengan pasar.
“Jika negara ingin maju harus berani bersaing dengan siapa pun, jangan menunggu penugasan pemerintah selain itu juga harus efesien dan siap berkompetisi”, pungkas Wamen Arcandra.

, , , ,